Sabtu, 09 Juni 2018

10 JENIS TOPOLOGI JARINGAN, KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA


Topologi jaringan internet atau komputer adalah metode atau konsep untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus menjadi jaringan interkoneksi. Lebih sederhananya, topologi jaringan adalah sebuah desain jaringan pada komputer.

Ada berbagai macam topologi jaringan dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan...


1. Topologi Bus



Topologi Bus merupakan sebuah topologi yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau kabel pusat tempat dimana seluruh client dan server dihubungkan. Sehingga komputer atau jaringan lain dapat dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Kelebihan :

  • Layout kabel sederhana sehingga instalasi relatif lebih mudah
  • Kerusakan satu komputer client tidak akan mempengaruhi komunikasi antar client lainnya
  • Hemat kabel sehingga biaya instalasi relatif lebih murah
  • Penambahan dan pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi berjalan.

Kekurangan :

  • Jika kabel utama atau backbone putus maka komunikasi gagal
  • Bola kabel utama sangat panjang maka pencarian ganggu menjadi sulit
  • Kemungkinan akan terjadi tabrakan data (data collision) apabila banyak client yang mengirim pesan dan akan menurukan kecepatan komunikasi
  • Keamanan data kurang terjamin
  • Diperlukan repeater untuk jarak jauh.

2. Topologi Star

Skema Topologi Star

Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang. Sebuah alat yang disebut concentrator bisa berubah hub atau switch menjadi pusat, dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan ke concentrator ini.

Kelebihan :

  • Karena setiap komponen dihubungkan langsung ke simpul pusat maka pengelolaan menjadi mudah
  • Kegagalan komunikasi mudah ditelusuri
  • Kegalalan pada satu komponen atau terminal tidak mempengaruhi komunikasi terminal lain
  • Kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam deteksi dan isolasi kesalahan serta memudahkan pengelolaan jaringan.
Kekurangan :

  • Kegagalan pusat kontrol memutuskan semua komunikasi
  • Bila yang digunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer, semakin banyak semakin lambat.
  • Boros menggunakan kabel.

3. Topologi Ring


Disebut topologi ring karena bentuknya seperti cincing yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan pada sebuah cincin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung.

Kelebihan topologi ring :

  • Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat
  • Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanandari server
  • Trasmisi data yang relatif sederhana seperti perjalanan paket data dalam satu arah saja.

Kekurangan topologi ring :

  • Kerusakan pada salah satu media pengirim/terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan
  • Paket data harus melewati setiap komputer antara pengirim dan penerima, sehingga menjadi lebih lambat
  • Pengembangan jaringan menjadi lebih kaku karena penambahan terminal atau node menjadi lebih sulit bila port sudah habis.

4. Topologi Tree


Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.

Kelebihan topologi tree :

  • Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point
  • Mengatasi keterbatasan pada topologi star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub.
  • Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur
  • Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.

Kekurangan topologi tree :

  • Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.
  • Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan.
  • Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.
  • HUB menjadi elemen kritis.

5. Topologi Mesh


Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software. 


Kelebihan topologi mesh :
  • Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan.
  • Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih cepat. Satu link di gunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang di tuju.
  • Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
  • Mudah dalam proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.
Kekurangan topologi mesh :
  • Setiap perangkat harus memiliki I/O port. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya.
  • Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena komputer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.
  • Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

6. Topologi Peer to Peer

topologi jaringan komputer

Topologi peer to peer merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer untuk saling terhubung.
Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar komputer untuk proses pertukaran data.
Kelebihan Topologi Peer to Peer
  • Biaya yang dibutuhkan sangat murah.
  • Masing-masing komputer dapat berperan sebagai client maupun server.
  • Instalasi jaringan yang cukup mudah.
Kekurangan Topologi Peer to Peer
  • Keamanan pada topologi jenis ini bisa dibilang sangat rentan.
  • Sulit dikembangkan.
  • Sistem keamanan di konfigurasi oleh masing-masing pengguna.Troubleshooting jaringan bisa dibilang rumit.

7. Topologi Linier

topologi jaringan komputer

opologi linier atau biasaya disebut topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama guna menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer.
Kelebihan Topologi Linier :
  • Mudah dikembangkan.
  • Membutuhkan sedikit kabel.
  • Tidak memperlukan kendali pusat.
  • Tata letak pada rangkaian topologi ini bisa dibilang cukup sederhana.
Kekurangan Topologi Linier :
  • Memiliki kepadatan lalu lintas yang bisa dibilang cukup tinggi.
  • Keamanan data kurang baik.

8. Topologi Hybrid

topologi jaringan komputer

Topologi hybrid merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda.
Pada saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, disaat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.
Kelebihan Topologi Hybrid :
  • Freksibel
  • Penambahan koneksi lainnya sangatlah mudah.
Kekurangan Topologi Hybrid :
  • Pengelolaan pada jaringan ini sangatlah sulit.
  • Biaya pembangunan pada topologi ini juga terbilang mahal.
  • Instalasi dan konfigurasi jaringan pada topologi ini bisa dibilang cukup rumit, karena terdapat topologi yang berbeda-beda.

9. Topologi Broadcast

Hasil gambar untuk topologi broadcast

Topologi Broadcast merupakan type pertama dari topologi logic komputer. Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan. 


10. Topologi Hirarki 

Hasil gambar untuk topologi hirarki

Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

Kelebihan :

  • Topologi hirarki ini mudah dalam manajemen karena adanya pusat node yang ada di dalam tingkatannya masing-masing.
  • Bisa menjangkau hingga jarak yang jauh jika dengan sifat repeater yang dimiliki oleh hub.

Kekurangan :

  • Apabila ada salah satu node yang rusak, maka node yang berada di bawahnya, akan sulit untuk mengirim node yang jauh atau tetangganya, entah itu tidak berfungsi dengan efektif, maka kinerja akan melambat.
  • Harus memikirkan secara benar-benar matang di dalam mendesainnya, karena kabel yang dibutuhkan oleh topologi ini tidak sedikit.
  • Sering terjadi suatu collision.

Senin, 21 Mei 2018

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN PENJELASANNYA

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Awal mula komputer emang diperuntuhkan untuk melakukan tugas perhitungan aritmatika. Namun seiring perkembangannya istilah komputer diartikan sebagai mesin itu sendiri. Sebab komputer saat ini tidak hanya melulu melakukan perhitungan aritmatika namun banyak tugas yang tidak berhubungan dengan aritmatika.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian komputer: Klik Disini!

Sejarah perkembangan komputer dibagi dalam 5 Generasi. Ke-5 generasi tersebut dibedakan berdasakan perkembangan teknologi dari masa ke masa. Mulai dari super komputer hingga kecerdasan buatan.

Berikut sejarah perkembangan komputer:

01. GENERASI PERTAMA (Tube Vakum)
Komputer Generasi Pertama - Tube Vakum
Komputer generasi pertama terjadi pada saat terjadinya perang dunia ke-2. Pada zaman ini Jerman terlebih dahulu membuat komputer bernama komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Komputer tersebut merupakan hasil dari seorang ilmuan Jerman Konrad Zuse pada tahun 1941.

Di pihak sekutu, pada tahun 1943 Inggris berhasil membuat komputer yang dapat memecah kode rahasia yang diberi nama Colossus. Sementara pihak Amerika Serikat membuat sebuah kemajuan lain dalam perkembangan komputer. Seorang insinyur bernama Howard H. Aiken (1900 - 1973) bekerja bersama IBM berhasil membuat kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut memiliki ukuran setengah lapangan bola dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Kalkulator tersebut kemudian diberi nama Mark I.

Selain Mark I, Amerika bekerja sama dengan University of Pennsylvania, membuat komputer yang diberi nama ENIAC. Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert (1919 - 1995) dan John W. Mauchly (1907- 1980). ENIAC merupakan komputer serba guna (general purpose computer) yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Komputer tersebut merupakan komputer terbesar dengan menghabiskan daya sebesar 160kW dan bekerja 1.000 kali lebih cepat dari pada Mark I.

Pada tahun 1945, terciptanya sebuah komputer dengan CPU dan memori untuk menampung program data maupun file. Komputer itu diberi nama EDVAC dan merupakan buah karya dari John von Neumann. Pada tahun 1951, sebuah komputer bernama UNIVAC I menjadi salah satu komputer yang menggunakan karya von Naumann dan menjadi komputer komersial pertama.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

02. GENERASI KEDUA (Transistor)
Komputer Generasi Kedua - Transistor
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan seperti programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer. Hal tersebut tentu sangat membantu dalam penambahan lapangan kerja baru. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

03. GENERASI KETIGA (IC: integrated Circuit)
Komputer generasi ketiga - IC
Pada generasi ketiga, Penggunakan transistor yang sangat panas dan dapat merusak mesin komputer, digantikan oleh sirkuit terintegrasi atau Integrated Circuit (IC). IC ini  dikembangkan oleh seorang insinyur bernama Jack Kilby pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

04. GENERASI KEEMPAT (Komputer masa sekarang: Microprocessor)
Komputer Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap peranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Peranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan peranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, peranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

05. GENERASI KELIMA (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda dan sebagian hanya beruma konsep imajinatif. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekadar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Kemunculan teknologi AI pada perangkat Smartphone merupakan awal dari munculnya komputer generasi kelima ini. Hal ini akan membuat para perusahaan dan negara akan berlomba-lomba mengembangkan teknologi yang akan terciptanya komputer generasi kelima. Kita sudah melihat tanda-tanda munculnya komputer gerasi kelima ini. Jadi mungkin sedikit lagi kita akan melihat dan merasakan munculnya komputer generasi kelima.

Rabu, 16 Mei 2018

Pengertian dan Fungsi Bandwitdh

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.
Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).
Jika kita menggunakan koneksi LAN (Local Area Network) 100 mbps, berarti idealnya dapat melakukan transaksi data maksimalnya sebesar 100 mega bit per second (mbps). Lalu jika suatu modem yang dapat bekerja pada 57,600 bps memiliki Bandwidth 2 kali lebih besar dari pada modem yang bekerja pada 28,800 bps, jika koneksi komputer ke jaringan komputer memiliki Bandwidth yang besar atau tinggi dapat memungkinkan pengiriman data yang besar juga misalnya seperti pengiriman gambar dalam video presentation atau bahkan dapat mengirim video.
Sama halnya pada web Hosting, dengan bandwidth maka aka nada dimana kekuatan suatu web hosting bisa melakukan transfer data dan informasi dengan cepat. IDCloudHost menawarkan kapasitas bandwidth yang unlimited bisa kamu gunakan untuk aktifitas dengan trafik yang sangat tinggi.

Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Istilah internet bagi sebagian besar orang zaman sekarang sudah tidak asing lagi. Banyak orang sudah memanfaatkan teknologi ini. Baik untuk hal-hal positif maupun hal yang negatif. Namun alangkah baiknya kita memanfaatkan teknologi internet di jalur yang positif aja.

Internet emang sudah sangat dikenal semua kalangan. Namun hanya sedikit orang yang tahu apa itu internet? Dan dari mana asal usul internet tersebut?

Internet merupakan kependekan dari Interconnection Networking. Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer atau alat IT yang lain di seluruh dunia (World Wide Network) sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace), dimana antara satu perangkat dengan perangkat IT lainnya dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Melalui internet Anda bisa mengakses segala bentuk informasi yang anda inginkan. Bahkan internet juga bisa menunjang dan mempermudah pekerjaan Anda.

Sejarah Internet

Sejarah perkembangan internet di awali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institue (SRI), Universitas on California of Los Angles (UCLA), Universitas Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara (UCSB). Saat itu, penggunaan bandwitdh (Baca Juga: Apa itu Bandwitdh) masih sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983, dengan ditemukannya protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perputaran waktu, sejak tahun 1990-an, internet sudah digunakan secara luas di kalangan masyarakat umum.

Pada tahun 1995, muncullah teknologi yang dikenal dengan World Wide Web atau biasa disebut dengan Web atau WWW yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini penggunaan internet sudah sangat luas, tidak hanya komputer yang dapat mengakses internet. Namun handphone yang sering kita gunakan juga bisa mengakses internet.

Sabtu, 12 Mei 2018

KENAPA PERUT SAKIT SAAT TERLALU BANYAK MAKAN ES KRIM?

Sapa yang enggak tahu es krim? Jajanan yang banyak di gandrungi anak-anak hingga orang dewasa karena kelezatannya. Eits tapi jangan terlalu banyak ya. Sebab kalo terlalu banyak bisa menyebabkan perut sakit loh. Kok bisa? Ini jawabannya!

Perut merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk memproses makanan yang masuk atau makanan yang kita makan setiap harinya. Di dalam perut ada beberapa bagian seperti lambung, usus kecil dan usus besar. Bagian-bagian tersebut saling melengkapi satu sama lain dalam proses pencernaan makanan. Salah satu bagian tidak berfungsi akan berakibat pada bagian yang lainnya.

Perlu diketahui bahwa bagian di dalam perut jauh lebih hangat dibandingkan dengan kulit luar. Hal tersebut agar bagian dalam perut tidak mengkerut saat di luar terasa dingin.

Nah, pada saat kita makan es krim terlalu banyak, maka akan menyebabkan bagian dalam perut mendadak dingin. Sehingga bagian perut seperti lambung, usus kecil, dan usus besar akan mengkerut pada saat kondisi di dalam perut tiba-tiba dingin. Kondisi dingin juga mengakibatkan air lambung dalam perut yang membantu dalam proses pencernaan tiba-tiba tidak berfungsi atau bergerak karena terkejut karena tiba-tiba kondisi di dalam perut dingin.

Sehingga proses pencernaan pun berhenti. Karena tidak ada satupun makanan yang dapat di cerna oleh perut, maka perut akan terasa sakit dan bisa diare juga loh.

Kalo kondisi ini terjadi sebaiknya kita segera minum air hangat agar perut kita hangat kembali dan alat pencernaan dalam perut berfungsi normal kembali. Kita juga bisa mengenakan selimut untuk menupi perut kita agar hangat.

Nah itulah jawaban kenapa perut kita sakit saat kita terlalu banyak makan es krim. Jadi jangan makan es krim terlalu banyak ya. Selain gak baik buat pencernaan, makan es krim terlalu banyak juga bisa mengakibatkan obesitas loh. Makanya makan es krim juga 1 aja, OK.!

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya biar banyak yang tahu...

Selasa, 08 Mei 2018

RESIKO DAN BAHAYA MEMINUM SUSU KENTAL MANIS SECARA BERLEBIHAN BAGI ANAK


Siapa yang tidak kenal dengan susu kental manis? Yups susu kental manis merupakan produk yang banyak di konsumsi oleh masyarakat dan telah banyak dijual di warung-warung sampai ke supermarket. Rasanya yang legit dan enak menjadi alasan kenapa produk ini laris manis dipasaran.

Namun di balik rasa legitnya, ternyata mengkonsumsi susu kental manis secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan loh. Kok bisa ya? Padahal susu merupakan bagian dari 4 sehat 5 sempurna. Dan kita selalu dianjurkan untuk meminum susu.

Susu kental manis yang sering kita konsumsi, menurut para ahli susu tersebut terbuat dari gula dan susu. Kandungan gula inilah yang akan menjadi masalah bagi kesehatan jika di konsumsi di atas ambang batas jumlah gula yang bisa ditoleransi oleh tubuh kita.

Menurut penelitian bahwa jumlah toleransi gula yang bisa diterima oleh tubuh kita setiap harinya adalah 10% energi total tubuh kita. Artinya jika seorang anak mengkonsumsi lebih dari 10% energi total, maka akan berisiko mengalami penurunan sensitivitas hiperglikemia (kadar gula darah lebih tinggi dari batas normal) dan memicu resiko diabetes. Hal senada juga diunggapkan oleh Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, seorang Dosen Gizi Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta.

Gula yang terkandung dalam susu kental manis rata-rata sangat tinggi. Padahal jika kita merujuk pada piramida gizi seimbang, asupan gula pada anak yakni sekitar 1-2 sendok makan sehari atau setara dengan 26 gram. Jika rata-rata anak minum susu kental manis 2x sehari, maka jumlah gula yang masuk melebihi batas tersebut.

Selain diabetes dan obesitas, asupan gula berlebihan juga bisa menyebabkan gigi rusak pada anak-anak atau disebut juga caries dentis (gigi karies).

Nah, dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa meminum susu kental manis boleh-boleh saja tapi tidak berlebihan. Ya mungkin 1 gelas sehari cukup lah ya. Inget yang berlebihan itu selalu tidak baik. Sayangi anak kita dan sayangi kesehatan kita.

Artikel ini dikutip dari KOMPAS.com 08/05/18

Kamis, 03 Mei 2018

KENAPA KITA BERMIMPI? MIMPI ITU ADALAH...


Mungkin sebagai orang awam kita selalu bertanya kenapa Kita selalu bermimpi? Dan kenapa kita sulit untuk mengingat mimpi kita dengan sangat detail. Itulah pertanyaan-pertnyaan yang sering muncul pada kehidupan kita sehari-hari tentang mimpi. Bahkan ada pertanyaan kenapa kita bermimpi sedih, senang, marah, dan lain sebagainya?

Baiklah sekarang kita akan membawas yang pertama:

Kenapa kita sering bermimpi?
Pada tahun 1899 ada sebuah teori terkenal yang dikemukakan oleh Sigmund Freud yang menyatakan bahwa mimpi kita itu adalah sebuah harapan-harapan yang terangkai dalam memori otak kita sehari-hari. Jadi intinya mimpi itu muncul pada saat kita mulai merangkai harapan-harapan kita. Mulai dari harapan punya rumah mewah dan besar, harapan pacar, harapan harta berlimpah, harapan menikah dengan seorang artis, harapan punya mobil mewah dan lain sebagainnya. Dimana harapan tersebut terangkum dan terangkai dalam memori otak kita. Sehingga pendeknya menurut Mr. Freud, mimpi adalah cerminan dari harapan-harapan kita tadi yang belum tersampaikan atau belum terwujud.

Namun pada tahun 1950-an, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Para peneliti mulai menerapkan teknologi untuk mengungkap "Kenapa kita bermimpi?". Dalam hasil penelitian tersebut ditemukan kenyataan bahwa mimpi adalah merupakan suatu efek samping dari otak kita, dimana otak kita sedang merangkai memori kita. Jadi pada saat kita tidur, ternyata otak kita masih bekerja dan terus merangkai memori-memori tentang hal-hal atau kejadian yang kita alami dalam sehari-sehari dan merangkainya menjadi memori baru di otak kita. Dan kejadian tersebut terjadi secara alami dalam alam bawah sadar kita. Perlu di ingat bahwasanya kita hidup hampir 90% di kontrol oleh alam bawah sadar kita. Sehingga mimpi kita itu membuat kita merasa berbeda dan bahkan aneh untuk dilogikakan.

Sekarang pertanyaan selanjutnya yaitu, Kenapa kita sulit mengingat mimpi kita?
Hal itu terjadi karena mimpi itu sendiri terbentuk oleh rangkaian memori jangka pendek dan jangka panjang. Dan yang ditangkap dalam mimpi itu hanya sebagian dari memori jangka pendek. Itulah sebabnya kenapa kita sangat sulit untuk mengingat mimpi kita secara keseluruhan dan detail.
Pada tahun 1894, ada sebuah pernyataan dari seorang bernama Ludwig Strumpell yang mengatakan bahwa mimpi kita susah untuk diingat karena alurnya kadang tidak saling berkaitan dalam satu masa mimpi. Sehingga membuat kita sulit untuk mengingatnya secara detail dan menyeluruh.

Itulah jawaban kenapa kita bermimpi dan kenapa kita sulit untuk mengingat secara keseluruhan mimpi kita. Namun paling tidak kita menjadi tahu apa itu mimpi dan kenapa kita bermimpi.

Perlu diingat bahwa mimpi itu ternyata baik untuk kita loh. Mimpi terbukti dapat mengontrol emosi kita, mimpi juga dapat meningkatkan daya ingat otak kita, dan mimpi juga dapat mengurangi resiko terkena stress.

Semoga kita selalu bermimpi indah ya sobat.

Senin, 30 April 2018

INILAH 7 MANFAAT MEMELIHARA KUCING YANG TIDAK KITA KETAHUI

Selama ini, kucing selalu dikaitkan dengan hewan penyebar toxoplasma. Yang harus diluruskan disini adalah sebenarnya semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi dan menularkan toxoplasma kepada manusia. Dan yang dapat terinfeksi toxoplasma tidak hanya perempuan tetapi laki-laki juga bisa terinfeksi. Baik yang muda ataupun tua juga dapat terinfeksi toxoplasma.   Kucing bukanlah sumber utama penularan toxoplasma. Yang pasti bila seseorang telah terinfeksi toxoplasma, berarti orang tersebut pernah menelan kista toxoplasma yang masih hidup. Kista bisa berada pada sayuran atau daging yang tidak dimasak sempurna. Jadi, bila dikatakan kucing sebagai penyebar toxoplasma, Anda salah besar. Rasulullah saw dalam beberapa hadits telah menekankan bahwa kucing itu tidak najis. Bahkan diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena dianggap suci. 
Nah Berikut manfaat memelihara kucing bagi kesehatan kita:
1. Membuat mental lebih sehat
Tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan, pada saat kita melihatnya bisa berdampak pada kesehatan mental. Hal ini terbukti berdasar pada sebuah survei yang dilakukan oleh Cats Protection, 76 persen orang yang terlibat dalam survey tersebut menyatakan stres mereka berkurang karena berinteraksi dengan kucing.
2. Menurunkan resiko penyakit jantung
Seperti yang disebutkan sebelumnya, memelihara kucing bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Tentu hal ini bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Bahkan sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Vascular and Interventional Neourology menemukan bahwa orang yang memelihara kucing bisa menurunkan resiko resiko penyakit jantung dan stroke.
3. Menurunkan resiko memiliki alergi
Jika anda mempunyai anak kecil, memelihara hewan peliharaan 
seperti kucing akan membuat mereka terbiasa dengan hal  hal yang tak terlalu bersih. Dan ternyata, hal ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan resiko alergi.
4. Meningkatkan kemampuan anak dengan autisme
Para peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa anak autisme yang berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti kucing, kemampuan berinteraksinya meningkat signifikan. Seperti yang diketahui, anak autisme biasanya sulit melakukan interaksi sosial. Tapi dalam studi tersebut menunjukkan kemampuan anak - anak dengan autisme ini meningkat ketika hidup dengan hewan peliharaan.
5. Membawa energi positif
Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa membawa energi positif. Apa yang anda rasakan ketika melihat video anak kucing lucu? Reaksi yang anda keluarkan seketika pasti adalah tertawa dengan tingkah laku hewan lucu tersebut. Ini tentu bisa memberi energi positif bagi hidup anda. Bahkan sebuah studi yang dilakukan Indiana University Bloomington menyebutkan, hanya dengan menonton video kucing bisa membawa energi dan emosi positif serta menurunkan perasaan negatif.
6. Menurunkan resiko anak terkena penyakit pernafasan
Banyak anggapan memelihara kucing, bulunya bisa membuat anak terkena alergi dan penyakit pernafasan. Padahal memelihara kucing justru mampu membantu anakn melawan infeksi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang melibatkan kucing dan anak diusia pertama kehidupannya. Hal inilah  yang meningkatkan sitem imun tubuh termasuk melawan penyakit pernafasan.
7. Dengkuran kucing bisa bantu atasi stress, sakit tulang, tendon dan otot.
Dengkuran kucing saat mereka tidur sangat erat kaitannya dengan kemampuan therapeutic di tulang dan otot manusia. Ternyata hal ini terkait dengan frekuensi getaran mendengkur 20 - 140 Hz. Pada dengkuran tersebut telah terbukti secara alamiah bahwa frekuensi dengkuran kucing pada 50Hz dapat membuat relaksasi pada manusia sehingga akan mengurangi resiko stress.

Itulah manfaat bila kita memelihara kucing, namun dengan catatan kita harus memelihara kucing tersebut dengan baik dan sepenuh hati. Agar terpelihara dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kita.

Minggu, 29 April 2018

BENAR APA TIDAK MICIN (MSG) BIKIN BODOH? BERIKUT ULASANNYA


MSG atau monosodium glutamate sudah lama dituduh sebagai biang penyakit, fakta-fakta ilmiah menunjukan hal tersebut. Namun fakta lainnya justeru mengungkap bahwa MSG ini ternyata nutrisi yang diperlukan tubuh manusia. Dari berbagai senyawa pembangkit citarasa yang beredar bebas di pasaran seperti misalnya MSG, 5 nukleotida, maltol (soft drink), dioctyl sodium sulfosuccinate (untuk susu kaleng) dan lain sebagainya, ternyata hanya monosodium glutamat (MSG) yang banyak menimbulkan kontroversi antara produsen dan konsumen.
Bahkan di zaman sekarang kita sering memberikan status "Generasi Micin" yang ditujukan kepada orang yang menurut kita bodoh, alay, tidak tau sopan santun, sok jagoan, dan sebagainnya. Kita memberikan julukan seperti itu kadang hanya ikut-ikut saja tanpa melihat fakta ilmiah. Bagi kebanyakan orang masih belum tahu tentang fakta ilmiah dari MSG. 

Untuk itu sebelum kita menyatakan bahwa Micin itu bikin bodoh, lebih baik kita baca dulu fakta ilmiah dari micin berdasarkan penelitian dan bukan dari "katanya". Berikut ulasannya:

Sodium sebagai salah satu pembentuk MSG berguna sebagai pengaturan asam basa dalam tubuh bersama dengan potasium, mendukung kerja kontraksi otot, pengendalian air dan tekanan darah, sistem saraf, serta penyerapan gula. Tapi perlu diingat, penggunaan garam atau sodium tidak boleh berlebihan karena berisiko memicu hipertensi. MSG dalam jumlah wajar juga punya potensi manfaat. MSG sebagai penguat rasa dalam penelitian oleh Yamaguchi di Jepang pada 1984 bisa mengurangi penggunaan NaCl atau garam karena memberikan kepuasan yang lebih tinggi. Dalam penelitian terbukti bahwa penggunaan MSG bisa memberikan rasa optimum dengan mengurangi kadar gula hingga 50 persen. Sodium adalah salah satu mineral zat gizi. Sedangkan glutamate adalah salah satu asam amino komponen protein. Jadi, pada dasarnya sodium dan glutamate termasuk zat gizi. Berdasarkan penelitian dari College of Medical, Kanazawa University, pada 2009, glutamate adalah salah satu dari asam amino yang paling sering digunakan untuk mengorkestrasi atau memadukan jaringan antarsel di otak. Otak dan otot adalah organ yang paling membutuhkan glutamate. Dalam penelitian Brian S. Meldrum dari Inggris, yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada 2000, disebutkan bahwa glutamate banyak ditemukan dalam otak manusia dan makanan. Glutamate merangsang pengeluaran atau ekskresi cairan ludah serta lambung, sehingga pencernaan makanan lebih cepat dan sempurna. Terutama untuk mencerna protein. Untuk aspek keamanan MSG, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat sejak 1958 telah mengkategorikan MSG sebagai GRAS atau Generally Recognize As Safe.
Di Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 1988 menyebutkan MSG adalah bahan tambahan pangan penguat rasa yang diizinkan dengan batas maksimum penggunaan “secukupnya” (sewajarnya-atau dibawah 2 gr) sesuai dengan tujuan penggunaannya. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan bahwa MSG aman bagi kesehatan. Tentu saja bahan ini tak boleh sampai dikonsumsi oleh bayi, terutama yang masih berusia di bawah tiga bulan. Berikut lebih lengkap dugaan dampak negatif dan positif MSG.
Dampak Negatif
Masalah-masalah kesehatan yang dihubungkan dengan MSG kebanyakannya tidak memiliki dasar ilmiah yang baik. Misalnya:
·         Sampai sekarang ada yang percaya MSG menyebabkan syndrom restoran cina (antara lain rasa haus, pusing, tubuh kejang dan jantung berdebar-debar), padahal pertama kali syndrom ini dicetuskan tidak didasarkan pada sebuah penelitian yang baik secara ilmiah. Syndrom restoran cina mulanya hanya sebuah tulisan mengenai pengalaman pribadi Dr Kwok tentang syndrom yang dialaminya sehabis makan makanan cina dimana dia menduga penyebabnya mungkin karena kecap, angciu dan garam selain MSG. Berbagai penelitian ilmiah dengan metode yang baik telah membuktikan tidak adanya kaitan antara MSG dengan syndrom restoran cina.
·         MSG dituduh sebagai penyebab makanan snack yang disukai anak-anak menjadi tidak menyehatkan. Tuduhan seperti ini menunjukkan rendahnya pengetahuan MSG dan gizi. Bayi yang baru lahir justru sehat jika hanya mengkonsumsi air susu ibu yang mengandung glutamat sangat tinggi, yaitu 50% lebih dari total protein. Kebanyakan snack adalah sumber karbohidrat sedangkan anak-anak sangat memerlukan kecukupan protein untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tubuh mereka.
·         Karena mengandung natrium, MSG dituduh sebagai pencetus hipertensi. Dari rumus molekulnya maupun analisa laboratorium kita bisa mengetahui kadar natrium dalam MSG, yaitu 12%. Sementara itu garam mengandung 40% natrium atau tiga kali lebih tinggi. Berdasarkan banyak uji rasa yang telah dibuktikan, kadar natrium dalam makanan bisa kita kurangi hingga 40% dengan menambahkan sedikit MSG tanpa mengurangi rasa enak.
·         Rasa enak yang ditimbulkan oleh MSG dituduh sebagai penyebab penggunaan MSG yang berlebihan. Sama seperti pemakaian garam, pemakaian MSG memiliki dosis optimum yaitu 0.2-0.8% dari volume makanan. Penggunaan MSG lebih tinggi dari dosis optimum ini dapat mengurangi rasa enak makanan dimana kita umumnya tidak menginginkannya. Tentu saja pabrik maupun penjaja makanan tidak akan pernah membuat makanannya tidak enak dengan menambahkan MSG diluar batas karena ini sama artinya mereka membunuh usaha mereka sendiri.

Ada juga penelitian-penelitian yang menyimpulkan pengaruh negatif MSG terhadap kesehatan, namun penelitian-penelitian tersebut dilakukan dengan cara-cara penggunaan MSG yang tidak realistis. Misalnya:
·         Tuduhan MSG menyebabkan kerusakan otak didasarkan pada penelitian dimana mencit (bayi tikus) diberikan MSG dosis sangat tinggi yaitu 0.5-4.0g/kg berat badan atau setara dengan 30-240g pada manusia berberat badan 60kg. MSG dosis sangat tinggi ini disuntikan ke mencit. Kita menikmati makanan yang ditambahkan MSG, misalnya bakso, dalam dosis rendah (0.2-0.8% dari volume makanan) dan melalui saluran pencernaan, bukan dengan dosis dan cara yang tidak wajar seperti pada penelitian tersebut.
·         MSG disimpulkan menyebabkan kanker dari hasil penelitian-penelitian pada tikus. Padahal pada penelitian-penelitian tersebut daging dan MSG yang diberikan pada tikus dibakar pada temperatur sangat tinggi hingga 600 derajat celcius. Makanan yang dimasak pada temperatur ekstrim tinggi ini dengan mudah berubah menjadi arang. Kita umumnya tidak suka makan arang. Pada salah satu penelitian tersebut, tikus-tikus menderita kanker pada usia mereka yang lanjut. Padahal pada manusia, prevalensi kanker jauh lebih tinggi pada usia lanjut dari pada usia muda, sehingga usia tua adalah sangat nyata hubungannya dengan kanker bukan MSG.
·         Selain dari aspek kesehatan, dari sisi kehalalannya, MSG dicurigai mengandung sejumlah zat yang berpotensi haram, atau meragukan (subhat).

Dampak Positif MSG
Tinjauan ilmiah hasil  Penilaian terhadap keamanan MSG:
1.    MSG tersusun oleh unsur-unsur nutrisi MSG terdiri dari 78% glutamat, 12% natrium dan 10% air. Glutamat adalah salah satu dari 20 asam amino pembentuk protein yang terdapat dalam makanan dan tubuh manusia. Demikian juga, natrium terdapat dalam makanan dan tubuh manusia.
2.    Glutamat memainkan peranan fisiologis penting pada tubuh Lidah dan lambung memiliki reseptor glutamat yang berhubungan dengan sistim syaraf pusat, otak, dan organ pencernaan yaitu lambung dan pankreas. Melalui uji klinis telah dibuktikan, bahwa makanan yang enak karena glutamat, baik dari makanan itu sendiri maupun dari MSG, merangsang produksi cairan pencernaan sehingga daya cerna makanan menjadi lebih baik. Selain itu, glutamat didalam usus halus berfungsi sebagai sumber tenaga bagi absorpsi unsur-unsur nutrisi kedalam darah. Glutamat memainkan peranan sentral dalam berbagai metabolisme tubuh, antara lain sebagai unsur perantara metabolisme protein, karbohidrat dan lemak. Rasa haus yang anda rasakan terhadap masakan yang mengandung monosodium glutamat adalah nyata dan bisa anda buktikan sendiri. Jika tubuh anda bereaksi dengan merasa haus, berarti ada sesuatu yang tidak benar dengan tubuh anda.
3. Badan-badan kesehatan dunia menyatakan MSG aman Badan dunia FAO & FAO yang disegani, yaitu Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA) telah mengevaluasi keamanan MSG tiga kali dan pada evaluasinya yang terakhir pada tahun 1987 memberikan status Acceptable Daily Intake (ADI) not specified atau batasan asupan harian yang tidak terspesifikasi untuk penggunaan MSG dalam makanan secara wajar. Status ini adalah yang paling aman diantara bahan-bahan tambahan pangan lain.

Kesimpulan
Dari berbagai penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa MSG atau Micin ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh selama penggunaan dan takaran sesuai dengan yang dianjurkan dan tidak berlebihan. Karena hampir semua penyedap rasa kalau digunakan secara berlebihan pasti akan menjadi penyakit seperti: garam dan gula. Kita pasti tau kalau terlalu berlebihan menggunakan gula dan garam akan membawa dampak negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Seperti tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung dan lain sebagainya.

Jadi itulah fakta ilmiah yang harus kita ketahui sebelum memberikan nilai negatif pada si Micin. Jadilah orang yang berilmu agar kita tidak bisa dibodohi orang lain.

BACA JUGA

FUNGSI TEKS MICROSOFT EXCEL

Fungsi teks digunakan untuk mengelola dan memanipulasi data-data berupa teks. Fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan secara sendiri-sendi...